Bab.6. SENYAWA KARBON (Kimia Dasar II)






Sejak abad ke 18 para ahli kimia telah mengenal dua tipe senyawa yaitu pertama yang berasal dari mineral-mineral pembentuk tanah disebut senyawa anorganik, dan ke dua yang be­rasal dari tumbuh-tumbuhan dan binatang disebut senyawa organ­ik. Senyawa anorganik telah banyak dibahas pada bab-bab terda­hulu, dan pada bab berikut ini akan dibahas senyawa tipe ke dua yaitu senyawa organik.
Dalam senyawa organik, unsur karbon merupakan unsur pembentu­kan utama disamping unsur hidrogen, yang kemudian diikuti un­sur-unsur lain seperti oksigen, nitrogen, fostor, atau sulfur dalam jumlah yang kecil. Oleh karena itu lebih tepat disebut senyawa karbon.
Ikatan yang terjadi di dalam senyawa karbon yang terjadi an­tara atom karbon dengan atom lainnya adalah ikatan kovalen. Atom karbon mempunyai 4 elektron pada kulit terluarnya, ini yang memungkinkan karbon dapat membentuk 4 buah ikatan kovalen dengan atom lain, sehingga memberikan sifat non logam pada a­tom karbon.
Karena kemampuan atom karbon bergabung sesamanya membentuk suatu rantai atom karbon yang dapat berbentuk lurus, bercabang ataupun melingkar inilah yang menyebabkan banyak sekali ditemukan senyawa karbon di dunia ini. Pada saat ini dikenal lebih dari satu juta senyawa karbon, dan setiap tahun beribu-ribu senyawa karbon baru ditemukan baik di alam ataupun dibuat di laboratorium. Senyawa-senyawa karbon ini memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Con­toh-contoh senyawa karbon yang banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari antara lain, yang termasuk pangan: tepung, gula, lemak, daging, protein; yang termasuk sandang: nylon, kapas, sutra; yang termasuk bahan bakar: minyak bumi, minyak tanah, bensin, elpiji, gas alam; yang termasuk obat-obatan: kina, aspirin, morfin zat warna makanan, zat warna pakaian, parfum dan lain-lain. Pada pembahasan dibawah ini akan dibahas klasifikasi senyawa karbon, sistematika tata nama senyawa kar­bon, isomer dengan beberapa contohnya
Pemahaman lebih lanjut dapt dipelajari dalam buku Diktat Kimia II yang ditulis oleh tim dosen Kimia FTKE Usakti.
Bahan kuliah dalam bentuk slide (power point) dapat didownload DI SINI

Tidak ada komentar